Delapan Kandidat Astronot Baru NASA, Setengahnya Perempuan

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA telah memilih delapan kandidat astronot baru dari pendaftar sejumlah 6.300 orang yang diseleksi. Dari delapan kandidat ini, empat di antaranya adalah perempuan.


English: Astronaut Janet Kavandi at Dressing R...
Delapan kandidat yang dipilih adalah Josh Cassada, Victor Glover, Nick Hague, Christina Hammock, Nicole Mann, Anne McClain, Jessica Meir, dan Andrew Morgan, yang semuanya pernah bermimpi akan menjadi penjelajah angkasa luar.


Sekitar 1,5 tahun yang lalu, mereka sukses melewati pemeriksaan kesehatan dan psikologi yang ketat, dan mendapatkan hasil yang sangat baik dari berbagai macam tes dan wawancara yg dilakukan. Jika mereka menyelesaikan pelatihan, mereka akan segera bergabung dengan korps astronot NASA, yang hingga saat ini telah beranggotakan 48 orang.

"Dengan korps astronot yang lebih kecil dan sedikit orang di kantor, sekarang setiap orang harus mempunyai latar belakang seberagam mungkin. Jadi kami telah bekerja keras dan menjamin bahwa kedelapan orang itu memiliki  pengalaman yang luas, dan saya kira telah terlihat dari kualifikasi-kualifikasi mereka," ujar Janet Kavandi, astronot veteran dan direktur Operasi Awak Penerbangan di NASA, seperti dikabarkan VOA News.

Menurut Kavandi, sebagian kandidat ini sedang atau telah bertugas di militer; satu orang merupakan seorang dokter medis, warga sipil yang juga ilmuwan terlatih, dan beberapa kandidat lain memiliki pengalaman lama di kokpit pesawat. Mereka berusia antara 30-an, dan segera memulai latihan astronot di Pusat Antariksa Johnson di Houston, Texas, sekitar bulan Agustus ini.

Ada yang menarik dari delapan kandidat yang terpilih kali ini, karena setengahnya adalah perempuan. Ini merupakan persentase tertinggi dalam satu angkatan yang pernah ada dalam pelatihan calon astronot NASA.

"Sebetulnya hal itu tidak disengaja. Kami tidak pernah menentukan laki-laki atau perempuan yang harus dipilih. Tapi yang kami cari adalah orang-orang yang paling berkualifikasi dari semua yang telah kita tes dan wawancara. Mereka layak mendapatkan tempat di sini," tutur Kavandi.


EmoticonEmoticon