Pesawat 'UFO' Dari Rusia Siap Unjuk Gigi di Paris Air Show

Pesawat Sukhoi Su-35 milik Rusia siap pamer kemampuan di festival Paris Air Show. Pesawat jet tempur ini dijuluki UFO karena memiliki manuver tidak masuk di akal.
English: Sukhoi Su-35 and Avion MAI F-1 sporti...
Pesawat jet tempur Sukhoi Su-35 ini dipastikan akan menjadi bintang utama dalam festival di Le Bourget di Paris, Prancis, dan telah menyedot banyak calon pengunjung dalam festival yang digelar tiap dua tahun itu.

Pesawat jet tempur ini menggunakan teknologi generasi kelima dari Sukhoi, avionik (peralatan penerbangan) terdepan, mesin jet 117C baru, dan senjata array yang dipasang pada 12 titik di luar pesawat yang membuatnya unggul dari jet tempur generasi keempat apapun yang ada saat ini.

Jet tempur ini memiliki kecepatan tertinggi 2.400 km/jam dan jarak tempuh 3.600 kilometer dgn ketinggian 18 kilometer, dan dilengkapi sistem radar canggih untuk mendeteksi target dari jarak sejauh 400 kilometer.

Satu-satunya kekurangan pesawat tempur ini adalah tidak dibekali teknologi layaknya jet siluman. Meskipun demikian, pesawat tempur ini tetap dapat mendeteksi pesawat siluman seperti F-35 pada jarak lebih dari 90 kilometer.

Julukan UFO pada pesawat ini berkat kemampuannya melakukan berbagai manuver yang hampir tidak masuk diakal, termasuk menikung horizontal 360 derajat tanpa kehilangan kecepatan sedikitpun.

Dengan kriteria seperti ini, kemampuan Sukhoi Su-35 melampaui hampir semua jet tempur modern seperti Rafale dari Prancis, Gripen dari Swedia, Eurofighter 2000 dan versi anyar F-15, F-16, dan F-18 dari AS.

Pesawat ini diklaim memiliki kemampuan yang hampir sama dengan F-35 generasi kelima dan F-22A.

Diberitakan dari RussiaToday, Festival Paris Air Show saat ini berlangsung di Le Bourget exhibition center, namun baru akan dibuka untuk publik pada 21 Juni dan berakhir pada 23 Juni.

Festival akbar ini membawa lebih dari 3.000 developed pesawat dari 44 negara termasuk Prancis, AS, Jerman, Italia dan Rusia.


EmoticonEmoticon